Menyajikan Informasi dan Model Baju Muslimah terbaru serta Berbagai Artikel Menarik Lainnya

Jumat, 22 Januari 2016

Pengertian Uang, Manfaat Uang dan Jenis-Jenis Uang

Pengertian Uang, Manfaat Uang dan Jenis-Jenis Uang

Rekan, kesempatan ini kami bakal mengulas pengertian uang, siapa sih yang tidak tahu sama uang? Uang atau duit mempunyai dampak yang sangatlah kuat pada kehidupan seseorang. Walau duit hanya lembaran kertas serta koin, namun tiap-tiap orang ingin bekerja serta melakukan apa pun untuk untuk memperolehnya. Di sampinng itu uang juga sama dengan kekayaan dan kekuasaan. Bahkan juga banyak yang berfikiran semua hal dapat dibeli asal mempunyai duit, walau faktanya tidak demikian. Nah, mengapa bisa demikian? simak yuk artikel kesempatan ini bakal di ulas. Check this out guys!

Pengertian Uang, Manfaat Uang dan Jenis-Jenis Uang


Apa pengertian uang pada umumnya?







1. Pengertian Uang


Pengertian uang dibagi jadi dua, yakni : Pengertian uang dalam pengetahuan ekonomi tradisional serta moderen.
Pengertian uang dalam ekonomi tradisional didefinisikan sebagai alat tukar yang bisa di terima pada umumnya. Alat tukar  ini bisa berbentuk benda apa pun yang bisa di terima oleh tiap-tiap orang dalam sistem pertukaran barang serta layanan.

Sedangkan dalam pengetahuan ekonomi moderen, uang didefinisikan sebagai suatu hal yang ada dan pada umumnya di terima sebagai alat pembayaran untuk pembelian beberapa barang serta beberapa layanan dan kekayaan bernilai yang lain bahkan juga untuk pembayaran hutang. Sebagian pakar juga mengatakan manfaat uang sebagai alat penunda pembayaran.

Di samping itu dapat di artikan berdasar pada porporsinya :

Pengertian dengan cara Umum : Pada umumnya uang adalah alat tukar yang di terima dan memudahkan sistem ganti menukar.

Pengertian Berdasar pada Manfaat : Berdasar pada fungsinya uang adalah benda yang berperan sebagai alat pembayaran.

Pengertian Berdasar pada Hukum : Berdasar pada hukum uang yaitu benda yang sudah diputuskan oleh undang-undang sebagai alat pembayaran yang sah.

Pengertian Berdasar pada Nilai : Pengertian uang berdasar pada nilai mempunyai pengertian bahwa uang yaitu unit kalkulasi yang bisa dipakai untuk menyebutkan nilai.



Pengertian Uang, Manfaat Uang dan Jenis-Jenis Uang

2. Manfaat Uang


Manfaat uang pada umumnya terdiri atas 3, yakni :

1. Manfaat Sebagai Alat Tukar

Manfaat uang sebagai alat tukar adalah manfaat paling utama dari uang, lantaran pada intinya pemakaian uang untuk mempermudah pertukaran, terutama untuk konsumen. Sebagai alat tukar uang gampang dibawa, ringan serta relatif aman. Dengan uang menjadikan pertukaran antar barang lebih fleksibel atau praktis, lantaran pada konsumen serta penjual tak perlu mempunyai keinginan timbal balik seperti dalam pola barter (pertukaran). Karenanya ada uang konsumen bisa memperoleh barang yang dia kehendaki serta penjual juga bisa memakai uang ini untuk dibelanjakan.

2. Manfaat Sebagai Penyimpan Nilai

Manfaat uang sebagai penyimpan nilai yakni nilai nominal yang tercantum pada kertas atau logamnya adalah nilai yang mempunyai daya beli yang sama pada periode waktu spesifik, ketika harga-harga barang serta layanan belum naik. Berarti nilai duit tak kadaluarsa seperti seperti barang yang diperdagangkan.

Lantaran manfaat uang sebagai penyimpan nilai, jadi uang berguna apabila disimpan dalam makna bakal memberi kekuatan daya beli yang lebih tinggi dari mulanya (untuk saat spesifik) apabila jumlahnya jadi tambah banyak dan juga bakal melebihi dari yang harusnya apabila disimpan di bank.

3. Manfaat Sebagai Unit Hitung

Manfaat duit sebagai unit kalkulasi pada jaman itu beberapa nyaris telah adalah kewajiban. Dalam semua pekerjaan apa pun serta hasil penilaiannya ditetapkan berbentuk unit duit, walau dengan cara fisik atau bentuk benda yang dinilai tak terlihat, seperti layanan. Karenanya ada duit, jadi tiap-tiap orang bakal terasa bahagia bila tahu harga dari layanan yang diberikannya sesuai sama hasrat atau yang berlaku umum. Lantaran dengan duit, semua suatu hal hasil pekerjaan bisa dinilai serta dihargai dan mempermudah pencatatan.

3. Jenis-Jenis Uang


Pengertian Uang, Manfaat Uang dan Jenis-Jenis Uang
 

Berdasarkan jenisnya, uang dibagi jadi dua, yakni uang kartal dan uang giral

Uang kartal yaitu alat bayar yang sah serta harus dipakai oleh orang-orang dalam melakukan transaksi jual-beli keseharian (common money)

Uang giral yaitu uangt yang dipunyai orang-orang berbentuk simpanan (deposito) yang bisa ditarik sesuai sama keperluan.

Pada era ke-17 M sejarah uang juga beralih serta makin berkembang. Alat tukar yang dipakai juga mulai memakai logam. Mengenai logam-logam yang dipakai yaitu emas serta perak. Sejak waktu ini pertukaran makin gampang dengan memakai uang. Bersamaan berjalannya waktu pemakaian uang logam dari emas dan perak mulai digantikan dengan uang kertas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Uang, Manfaat Uang dan Jenis-Jenis Uang

0 komentar:

Posting Komentar